Langsung ke konten utama

Tren Teknologi yang Mengubah Dunia Digital Marketing

 Rifan Financindo || Dalam dunia digital marketing, kita mengenal istilah content marketing. Sebuah strategi pemasaran dimana kami membuat dan mendistribusikan konten yang menarik bagi audiens yang tepat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.Â

Tujuannya di sini bisa untuk memperkenalkan produk Anda (awareness), membangun hubungan baik dengan calon pelanggan (engagement), mendorong calon pelanggan untuk melakukan pembelian (konversi), atau mengajak pelanggan setia Anda untuk merekomendasikan produk Anda kepada orang lain (advokasi). Hal inilah yang di lakukan oleh .


Saat ini kontennya semakin beragam, baik berupa artikel, infografis, video kreatif, maupun audio. Strategi pemasaran dalam bentuk content marketing ini bukan hal baru bagi kami. Namun inovasi tren teknologi berikut mampu mengubah sistem pemasaran konten di tahun ini. Apa saja tren teknologinya? Berikut beberapa ulasan seperti dirangkum, Jumat (5/11/2021).

Kecerdasan Buatan


Anda pasti pernah melihat adegan di film robot yang bertingkah laku seperti manusia, contohnya Jarvis di film Ironman atau Matrix. Itulah gambaran teknologi Artificial Intelligence (AI) yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat. Bagaimana tidak, banyak perusahaan teknologi yang mulai mengembangkan teknologi ini seperti Apple dengan SIRI-nya, IBM dengan Watson-nya, dan Google DeepMind dengan WaveNet-nya.

Di bidang content marketing, AI dapat digunakan untuk memahami pola audiens dengan lebih baik sehingga konten yang dibuat bisa lebih relevan. Tidak hanya itu, AI juga memberikan wawasan tentang konten yang tepat untuk kata kunci yang Anda targetkan. Pencarian konten yang relevan, dan distribusi konten juga dapat dilakukan secara otomatis berkat teknologi Artificial Intelligence.

IoT

Saat ini, perangkat yang terhubung ke internet tidak hanya laptop, PC, atau smartphone. Banyak perangkat elektronik yang mulai terhubung dan berkomunikasi satu sama lain melalui internet. Dari sinilah istilah Internet of Things (IoT) berasal.

Tantangan bagi pemasar konten adalah membuat konten yang disesuaikan dengan perangkat ini. Mulai dari konten yang menginformasikan event berdasarkan area, data realtime, dan lain sebagainya.

Virtual Reality

Sejak beberapa tahun terakhir, teknologi Virtual Reality menjadi tren. Teknologi Virtual Reality merupakan teknologi yang dapat membawa kita ke dunia maya melalui perangkat tertentu. Kecanggihan yang dapat dihadirkan oleh teknologi VR tentunya dapat dimanfaatkan oleh para content marketer untuk mengembangkan konten visual. Hal ini tentunya akan menambah pengalaman tersendiri bagi target audience.

Augmented Reality

Apakah Anda penggemar game Pokemon Go? Ya, game yang resmi dirilis pada tahun 2016 ini merupakan implementasi dari teknologi augmented reality. Berbeda dengan teknologi VR, augmented reality justru menghadirkan dimensi virtual ke dunia nyata. Konten visual bisa menjadi bidang yang bisa digarap oleh para content marketer dengan platform teknologi ini. AR dapat membantu Anda menunjukkan kualitas produk Anda secara lebih detail dan lebih baik.

Siaran Langsung

Masyarakat di era informasi seperti sekarang ini menuntut segala informasi secara real time. Tuntutan ini dapat dimanfaatkan oleh content marketing untuk menyajikan konten secara real time juga. Dengan teknologi live streaming, Anda dapat menyajikan konten secara langsung dan sesuai permintaan.

Algoritma Mesin Pencari


Saat ini algoritma mesin pencari telah berkembang menjadi lebih canggih. Hal ini membuat pemasaran konten juga harus berkembang dalam menentukan kampanye untuk mendapatkan pengunjung organik. Persaingan untuk mendapatkan pengunjung organik lebih sehat karena algoritma mesin pencari menekan aktivitas 'kecurangan' ini.

e-Commerce & Media Sosial

Bagi para content marketer, banyaknya pengguna aktif menjadikan media sosial sebagai wadah bagi para pembuat konten untuk mendistribusikan konten dan membangun audiens. Di sisi lain, jual beli online melalui media sosial kini sudah sangat familiar di telinga kita. Media sosial adalah pasar bagi bisnis untuk menawarkan produk mereka.

Kebutuhan akan e-commerce di media sosial kemudian memunculkan hybrid e-commerce yang memungkinkan konsumen untuk membeli produk langsung pada iklannya di media sosial dengan sekali klik tanpa perlu mengunjungi situs e-commerce. Kondisi ini membuat beberapa media sosial bergeser tidak lagi menjadi platform konten. Pemasar konten perlu bersiap untuk menemukan platform alternatif.

Kelebihan Cloud Hosting salah satunya adalah dampak teknologi yang semakin maju membuat segalanya menjadi lebih mudah dan cepat, termasuk dalam dunia digital marketing. Salah satu pengaruh positif yang datang dari perkembangan teknologi adalah kemudahan dalam menangani server dan website, salah satunya adalah teknologi cloud hosting.

Kelebihan Indonesia akan berdampak pada website yang digunakan untuk digital marketing, sehingga harus menggunakan dedicated server yang hanya ada di satu tempat dan ini menjadi salah satu penghambat kecepatan website. Tapi, sekarang cloud hosting sudah bisa mengatasinya.

Sederhananya, cloud hosting adalah layanan yang mengakses dengan beberapa server. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah yang biasanya menimpa server seperti ketidakstabilan dan sumber daya yang terbatas.

Rifan Financindo || Adanya teknologi cloud memberikan Anda sumber daya yang tidak terbatas karena mengakses dengan beberapa server untuk menambah server baru tidak mengganggu server lain yang sedang berjalan.

 

Baca juga :
pt rifan financindo
rifanfinancindo
rifan financindo

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Imbal hasil obligasi AS turun, emas melonjak tembus 1.700 dolar

 Chicago ( Rifan Financindo ) - Harga emas berjangka melonjak lebih dari dua persen pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), melakukan pemulihan yang kuat dari level terendah sembilan bulan, didukung penurunan imbal hasil  obligasi pemerintah AS dan kurs dolar yang melemah Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di divisi COMEX New York Exchange, melonjak 38,9 dolar AS atau 2,32 persen menjadi ditutup pada 1.716,90 dolar AS per ounce. Sehari sebelumnya, Selasa (8/3/2021), emas berjangka anjlok 20,5 dolar AS atau 1,21 persen menjadi 1.678,00 dolar AS.Emas berjangka turun 2,2 dolar AS atau 0,13 persen menjadi 1.698,50 dolar AS per ounce pada Jumat (5/3/2021), setelah merosot 15,10 dolar AS atau 0,88 persen menjadi 1.700,70 dolar AS pada Kamis (4/3/2021), dan terpangkas 17,8 dolar AS atau 1,03 persen menjadi 1.715,80 dolar AS pada Rabu (3/3/2021). "Saya tidak tahu apakah ini adalah akhir dari tren kenaikan imbal hasil, apakah ini adalah permulaan. Para pedagang emas d

Emas naik Karena Koreksi Normal

Rifan Financindo || Harga emas naik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Senin kemarin, karena koreksi normal dari tekanan jual belakangan ini yang telah merusak grafik jangka pendek pasar emas. Dolar AS yang goyah di pasar forex dan naiknya harga minyak mentah adalah kekuatan “bullish” diluar pasar metal berharga yang bekerja mendukung pasar metal berharga untuk naik memulai minggu perdagangan yang sakit. Meskipun demikian metal safe-haven ini masih tertekan dengan naiknya minat terhadap resiko dari para trader dan investor belakangan ini yang telah membuat uang mengalir ke pasar saham. Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $13.50 per ons pada $1,696.40. Sementara emas Antam ditawarkan beli tidak berubah di Rp 876.000,- Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Nasdaq menyentuh rekor ketinggian semalam, sementara indeks saham S&P 500 menyentuh ketingg

Tunjang Gaya Hidup Sehat, Sanken Hadirkan Dispenser Dua Galon

  Rifanfinancindo || Adanya wabah pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat. Suatu perilaku yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Selain menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan di air mengalir pakai sabun atau hand sanitezer, dan menjaga jarak, juga harus ditunjang dengan minum air putih yang berkualitas. Untuk memenuhi kebutuhan air minum berkualitas, Sanken di awal tahun 2021 menghadirkan inovasi terbaru dispenser dua galon "Infinite" series yaitu DA-11 Glass dan DA-11 Stainless. Dispenser terbaru untuk kelas premium ini pun sudah mengantongi sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dispenser terbaru ini memiliki fitur utama UV Self Clean System. Sistem ini menggunakan ultra violet yang sangat efektif membasmi dan mencegah timbulnya bakteri di dalam tangki air. Air yang diminum pun menjadi lebih higienis. Sistem ini juga dilengkapi dengan teknologi yang dapat menekan pertumbuhan bakteri, menghilangkan rasa tidak enak, dan mempe